Monday, December 17, 2007

Blog & Kebebasan Menulis

Rame-rame bikin blog..itu kata-kata yang sering gua baca akhir-akhir ini di beberapa media. Sejak diadakan pesta blogger, banyak media yang mengulas tentang per-blog-an. Ada berbagai macam blog di dunia ini, dari blog seorang anak bayi, balita ( ortunya dong yang bikin ), blog tentang keluarga, blog personal, blog jualan ataupun blog yang mengulas topik tertentu.

Gua salah satu orang yang ikut-ikutan bikin blog, walaupun gua sudah tahu tentang dunia per blog an itu sejak gua hamil tahun 2004 lalu. Waktu itu gua pengen bikin blog tentang perkembangan anak...Tapi berhubung gua emang ngga' gape nulis ( maksudnya tidak bisa menuliskan apa yang ada dipikiran ), akhirnya rencana bikin blog terlupakan. Tapi gua demen banget bacain blog orang...apa ya istilahnya, blogwalking yahhh...Blog-blog yang gua baca sih biasanya ketemu kalo gua sedang browsing atau googling sesuatu...

Tahun 2005, suami gua mulai bikin ini dan gua diajak untuk ikut serta menulis....Suami gua selalu bersemboyan "Menulislah dari sekarang ". Tapi dasar gua males dan ngga' kreatif kali yee...gua tetap cuek dan ngga' pernah nulis di blog.
Terakhir suami gua juga mulai lagi bikin ini yang isinya khusus tentang perkembangan putra pertama kami . Dan satu lagi blog ini dimana dikhususkan blog yang berisi rencana usaha sampingan kami.

Dan akhirnya gua terinspirasi juga untuk bener-bener bikin blog personal. Gua sendiri pernah create beberapa blog, tapi selalu gua lupakan. Bikin lagi dengan nama baru yang unik. Sebenarnya itu nama kecil gua dan nama panggilan gua oleh adek-adek gua, atau sodara yang lebih kecil...

Cara penulisan gua memang belum rapi dan jauh dari bagus...tata bahasanya mungkin juga cerminan dari bahasa harian gua. Tujuan utama-nya cuma mengasah untuk bisa menuangkan yang ada dipikiran gua ke tulisan, bisa menuangkan opini-opini gua terhadap sesuatu hal atau sharing pengalaman baik atau pengalaman buruk. Supaya dikemudian hari gua bisa mengenang kejadian, opini dan perilaku gua saat sekarang..Kan lama-lama gua akan bertambah umur dimana sesuatu akan berubah...Tul ngga'??

Menurut gua isi dari blog terutama blog personal itu adalah hak siempunya. Mereka bebas berekspresi tulisan di blog-nya masing-masing. Sepanjang isi dari suatu blog tidak mencerminkan SARA dan Pornografi gua sih ok-ok aja. Gua akan tetap senang bacain blog seseorang. Dengan membaca kisah personal atau opini seseorang yang ditulis di blog masing-masing, akan menambah pengetahuan gua. Banyak kehidupan didunia ini dan banyak ragam kreatifitas dan kisah nyata yang ditulis di blog-blog yang selalu asyik gua baca. Maaf gua belum bisa nyebutin satu-satu blog yang sering gua baca...mesti izin siempunya dulu kali buat di link ya. Makanya gua heran karena gua pernah baca beberapa blog orang dimana di 'comment' nya ada aja orang yang ninggalin pesan negatif...Gua ngga' tau apa si peninggal pesan 'musuh' siempu blog atau gimana, yang jelas selagi siempunya blog tidak mengandung yang gua sebutkan diatas sih dan tidak menyinggung seseorang...kenapa mesti kita nilai negatif ya...Biarlah orang berekspresi dengan tulisan-nya masing-masing.

Mungkin suatu saat gua juga akan mengalamin hal yang demikian, dimana shoutbox gua bakal ada yang ninggalin comment negatif. Silakan aja sih, selagi dia meninggalkan jejak yang bener ( tinggalin nama or blogname ), gua akan terima. Bagi gua kalo ada yang suka baca tulisan gua silakan baca blog gua...tapi kalo ngga' suka yang silakan jangan dibaca..

Mudah-mudahan gua akan terus menulis..dan berkisah di blog. Pernah tercetus impian, siapa tau gua bisa jadi pemulis...upssss..suami gua langsung ngakak denger impian gua...Baru juga mulai katanya, tapi segi positifnya dia bilang siapa tau gua punya bakat terpendam...hi...hiii..
Apakah gua akan jadi penulis or what...ngga' penting la yaw...

No comments: