Friday, July 4, 2008

Daffa Membaca

Walaupun Daffa sejak sebelum berumur 3 tahun sudah bisa membaca dengan kata-kata yang mudah...dan itu cuma sebatas kata yang dia rangkai dari ejaan huruf...tapi semangatnya untuk membaca lebih serius mulai terlihat akhir-akhir ini disaat umurnya 3,5 tahun... Saat ini Daffa tidak hanya membaca satu kata, tapi dia sudah merangkai kata-kata tersebut menjadi kalimat...Alhamdulillah banget deh...kelihatannya dia senang dan tidak terpaksa..

Sekarang setiap melihat kata dan kalimat dia akan berusaha membaca-nya...Di jalanan, di mall dan dimanapun dia akan coba baca jika melihat tulisan...Beberapa malam lalu sewaktu mau tidur Daffa dapat oleh-oleh dari Bapak-nya yaitu berupa buku cerita anak yang dibeli Bapak-nya di pameran buku..Berhubung si Bapak gi mandi dan gua gi sibuk masuk-masukin baju yang abis disetrika ke lemari...dia main sendiri di kasur sambil megang buku cerita-nya...Ngga' lama gua denger dia mulai mengeja huruf-huruf yang ada di sampul buku cerita-nya..

S i = si
B u = Bu T o = to jadi Buto
S a = sa K i + t = kit jadi sakit
G i g i = gigi

Si Buto Sakit Gigi....

"Bu ceritanya tentang si buto sakit gigi...'!! teriak Daffa ke gua...

Alhamdullillah...Daffa sudah bisa baca sendiri tanpa di bantu sama gua...Setelah Bapaknya selesai mandi dan masuk kamar..tiba-tiba Daffa request buat dibeliin majalah islam...ngga' ngerti juga gua darimana ide-nya buat minta dibeliin majalah Islam.

Kebiasaan membaca Daffa ini juga selalu diasah sama dia hampir setiap hari...Kalo dengan kami ortu-nya kebiasaan itu dia lakukan menjelang tidur malam...Biasanya kami sambil membaca koran Daffa ikut-ikutan baca selembar koran...dan dia juga sibuk membaca sendiri...Tapi nih ya...jika dia lagi ngga' mood, jangan harap dia akan membaca...paling dia bilang gini..

" Stop ah bacanya...Daffa capek nih...maen game di hp Bapak aja deh..."!!...katanya.

Y sudahlah...memang kita tidak pernah memaksakan dan mengharap Daffa pinter sebelum dia sendiri mampu....Semua dia lakukan sendiri sesuai dengan minat dan keinginannya...

4 comments:

Nunik 'n Family said...

kayaknya nih, klo di sekolah Fikri udah gak ada belajar membaca dengan mengeja s i = si, tapi udah langsung si gitu...

tapi daffa pake cara itu malah cepet baca ya....ayo terus membaca Daffa.

wempi said...

ajarin wempi dong

dwiwoelan said...

waaahh..ayo2, coba terus latihan membaca ya nak..

primaningrum said...

daffa, ajarin alifah ya.... yuk belajar bareng!