Tuesday, April 29, 2008

Daffa ku


Ini cerita tentang Daffa anak semata wayang...saat ini dia masih anak tunggal kami...Insya Allah diberi rezeki dan kepercayaan lagi untuk hamil dan melahirkan..jadi Daffa punya adek deh. Daffa menurut gua adalah anak yang bijaksana, pengertian punya toleransi tinggi dan anak yang menyenangkan. Sampai umur 3,5 tahun ini Daffa bukanlah anak yang susah...tidak nakal tapi aktif, cerdas dan pinter...Kalo masalah makan mah jangan ditanya...apa aja doyan....sekarang malah udah doyan makan pedas...he..heee

Kenapa tiba-tiba cerita tentang Daffa...karena sering banget gua terkaget-kaget melihat tingkah polah dan mendengar celetukan Daffa yang menurut gua untuk anak seumurnya celotehannya lebih dewasa... Seperti semalam dimana setelah gua mandi dan siap-siap mau sholat Isya ternyata Daffa lagi main dikamar..Daffa baru dibeliin karambol sama Bapak-nya...Tiba-tiba dia minta gua main sebentar sama dia...gua bilang gua sholat sebentar...tapi dia bilang begini:

" Sekali aja ya Buuu...abis itu baru Ibu solat yah...Daffa janji deh.."...

Gua turuti kemauan Daffa walopun gua sudah pake mukena..selesai satu kali permainan dia langsung bilang.." Udah Bu...silakan Ibu solat, kan Daffa dah janji tadi cuma sekali mainnya ya Buu.. . Daffa main di kasur aja deh sambil tunggu Ibu sholat" katanya...Alhamdulillah anak gua menepati janjinya.


Selesai gua sholat Daffa minta diceritain kegiatan gua hari itu...Berhubung kemaren gua sama suami naik kendaraan umum gua cerita perjalanan kekantor yang cukup lama sampai pegel pantatnya duduk di bis...he..he...Serta merta dia bangun dan memijit bokong gua..sambil bilang..." Sini Buu Daffa pijitan yah biar ngga' pegel lagii pantat ( maaf ) Ibu" katanya...Duhhh gua terharu banget sama perhatian anak gua nih..

Lain waktu ketika dia sedang nginap dirumah kakek neneknya di Bogor dan gua telpon dia bilang begini.." Ibu Daffa kan lagi di Bogor..nanti Daffa pulang deh ke Cibubur dan bobo sama Bapak Ibu lagi yah...!!...hiburnya..Begitu juga kalo dia sedang dirumah Cibubur..ketika kakek neneknya telpon dan bilang kangen dia akan jawab " Ungku nanti hari Minggu Daffa nginap di Bogor lagi yah..kan Daffa juga kangen sama Ungku Oma...!...Jadi dia mengerti kalo kakek neneknya juga kangen dan ingin Daffa nginep di Bogor...

Toleransi...menurut aunty alias guru di PG-nya Daffa tuh gampang sharing permainan dengan teman-temannya...Dia tidak akan merebut permainan yang sedang dipakai temannya..dia akan otomatis bilang " Daffa boleh pinjem ngga' ..!!
Lain waktu ketika kita sedang nonton TV tetapi Daffa ingin nonton saluran kegemarannya spacetoon...serta merta dia minta permisi." permisi yah Daffa mo nonton spacetoon.."

Kejadian lain di Bogor Minggu lalu..saat itu kami sedang menunggu kakek nenek Daffa beli cemilan untuk oleh-oleh keluarga di Padang...ngga' jauh dari kami parkir ada seekor kucing yang terluka dan duduk diem dibawah pohon...ketika Daffa melihat kucing tersebut tiba-tiba di berkomentar..:

" Pak kasihan yah si pusss itu...luka dia yah..."...kata Daffa
" Iya yah kasihan dia ngga' punya rumah .." kata Bapak-nya Daffa
" Nanti kalo dia datang ke Cibubur, Daffa obatin yah Pak si pus.." katanya lagii

Dalam hati gua bersyukur..Alhamdulillah anakku bisa bersimpati dan punya jiwa penolong...Insya Allah kamu jaga selamanya ya Nak..
Pernah juga ketika Bapak-nya telpon kakek nenek Daffa di Makassar dan kebetulan kakeknya habis operasi...Daffa sedang main tapi dia nguping pembicaraan di telpon..serta merta dia tanya ke mbak-nya..." Mbak..Mbah di Makassar kenapa mbak...? Sakit yah...!!...Ngga' lama dia rebut telpon Bapak-nya dan tanya Mbah-nya..Sakit apa dan kenapa?...perhatian kecil-nya itu juga obat bagi mbah-nya..

Daffa juga bukan anak yang pelit..jika dia punya makanan walopun itu makanan kesukaannya, jika gua atau bapaknya minta otomatis dia akan memberinya buat kita...Daffa juga anak yang gampang bersosialisasi..ngga' pemalu dan bisa berkomunikasi dengan orang yang ditemui-nya..Dia akan gampang bercerita sehingga banyak yang suka ngobrol sama Daffa termasuk teman-teman kakeknya di Bogor yang rata-rata orang tua semua..

Pintar dan cerdas...Daffa tuh gampang banget diberi pengertian dan diajari..jika kita mengajari sesuatu dengan cepat dia akan menangkap...Sekarang dia sedang gemar membaca & berhitung...dan gua lihat kalo membaca/berhitung dia tidak sekedar menghafal..tapi dia memahami dan mengeja...Pernah dalam perjalan kami mengajak dia bermain angka...

" Daffa ada 3 burung sedang terbang, terus satu burung hinggap di pohon jadi burung yang terbang tinggal berapa Daffa.."??..

Langsung dia berpikir dan bilang..

" Tinggal 2 dong Pak.."..he.he...bagus Nak..pinter kamu dah ngerti konsep pengurangan..Dia juga menggunakan penalaran dan logika dalam keseharian...misal ketika hujan dia ingin keluar rumah dan kita melarang dia akan bilang.."Ngga' pa-pa Bu..kan ada payung, jadi Daffa ngga' basah ntar.." atau jika gua mengkhawatirkan sesuatu tingkah polahnya maka dia akan bilang " Ngga' pa-pa Buu...nanti Daffa hati-hati kok..."

Sering juga pertanyaan-pertanyaannya belum bisa kami jawab seperti..." Kok Alloh ngga' kelihatan, kok Tuhan bisa menciptakan Bapak, kalo Daffa punya adik dapatnya darimana?, kok dulu Daffa ada di perut Ibu..kenapa Bu?..banyak lagi celotehan dan pertanyaan Daffa yang mesti kami telaah dan beri jawaban sesuai dengan penalarannya...

Hah...kalo cerita tentang anak sendiri emang ngga' ada habisnya yah...Yang utama sampai saat ini kami bersyukur banget diberi amanah untuk menjaga dan membimbing Daffa sebagai anak kami...Insya Allah kami ortu-nya bisa mendampangi, mengarahkan dan membimbing Daffa sampai dia dewasa nanti...Insya Allah Daffa bisa menjadi anak yang shaleh, menyenangkan orang banyak, murah hati, cerdas dan pintar serta selalu dibukakan rezeki dan dilapangkan ilmunya...Aminnn...

Pssttt ceritanya panjang yah...semoga ngga' males bacanya..he..hee

8 comments:

mama icel said...

aduh anak pinter..siapa dulu bapak ibunya...salam cayang buat daffa dari tante yg cantik..hihi..

Mamae Yusuf said...

mampir... duh beberapa hari zibux jadi ketinggalan berita apa ya .... eemm mas daffa udah mo punya adek.. bener ya cha...
ALHAMDULILLAH

Indah said...

Daffa....duh pinter banget,pengrtian..padahal sering ditinggal bunda ya....cpet2 dapet adek ya...biar bunda ada dirumah terusss

Vera Puspita said...

Subhanalloh...Daffa pinter banget dan kepribadiannya juga patut diacungin jempol. Kudu berguru nih ma Ocha gmn biar ngajarin anak kayak Daffa.....kirain ngurus dan ngajarin anak cowok tuh susah, kayak azka tuh susah diatur...ternyata gak juga yah...ayo bagi2 ilmunya...

Nunik 'n Family said...

Daffa bisa menjadi anak dengan segala sifat baiknya...itu karena oarang2 terdekatnya memberi pengaruh 'kebaikan' padanya...
So keep on a good relationship...

dwiwoelan said...

waduhh..senangnya ya mbak Ocha, punya anak lucu plus pinter gitu..Kapan ya dirikuw punya si kecil? senangnya....:)

Ocha said...

Buat semua teman-temanku makasih yah komentarnya...Salam dari Daffa buat semuanya....Aku selalu cerita ttg teman2 blogger setiap hari kepada Daffa...

VEDIC MATHS INDONESIA said...

VEDIC MATHS INDONESIA kursus matematika tercepat dan terdahsyat di dunia hadir di Cibubur Times Square. Metode Matematika tanpa alat bantu hitung (jari, sempoa, kalkulator).
Coba dan buktikan di FREE TRIAL.

Contact us :
021 - 84591720
vedicmath@ymail.com

Salam sukses matematika,