Wednesday, April 9, 2008

Semalam

Ini cerita semalam...pulang kantor gua ama misua langsung melayat kr RSPAD Gatot Subroto...ada anaknya sodara suami gua yang meninggal dunia diakibatkan kanker tulang....umurnya baru 8 tahun..anak lelaki kedua mereka...Nyampe di RS cuma ada orang tua sianak dan seorang neneknya yang menunggui..Jenazah sianak dibaringkan ditempat tidur menunggu proses dibawa pulang kerumah mereka di Tangerang sana...Mungkin keluarga lain udah pada pulang dan menyiapkan pengurusan penguburan nantinya...

Pertama gua lihat sang ortu tabah dan sudah ikhlas...sudah tidak ada airmata..mungkin ini yang terbaik bagi si anak daripada melihat dia menderita..Januari tahun lalu gua sama suami juga sempat dateng bezuk si anak di RS yang sama setelah sianak diamputasi salah satu kakinya untuk mencegah kankernya menjalar ke paru-paru...sedih banget liatnya waktu ituu...Lebaran Oktober 2007 lalu kita ketemu lagi di Bandung dan sempat jalan-jalan bareng...si anak ngga' bisa lagi turun naik mobil...cuma bisa digendong...April tahun ini, gua ketemu sianak lagi dalam keadaan sudah berpulang Innalillahi Wainnalillahi Rojiun....

Berhubung tidak ada keluarga lain yang menunggui, gua sama suami sepakat menemani keluarga ini sampai prosesi jenazah dibawa pulang....Saat sang orang tua menyium dan mengelus-elus jenazah sianak, gua ngga' kuat lagiii...gua langsung keluar..gua ngga' mau terlihat menitikkan air mata didepan mereka yang nanti bikin mereka sedih lagiii...Yang bikin gua sedih bukan jenazah si anak..karena gua yakin si anak Insya Allah diterima di surga karena masih belum akil balik...tapi adalah membayangkan perasaan orang tua yang ditinggal pergi anak balita-nya..membayangkan hari-hari mereka setelah sianak sudah tidak bersama mereka lagiii...Jujurrrr..gua merasa sedih banget..gua juga orang tua dan sebagai Ibu....coba gua yang dihadapkan pada situasi tersebut..mungkin kaki gua udah serasa ngga' napak ke bumi dan tulang gua udah serasa hancur mungkin...ya Allah...Langsung ingat ananda tercinta dirumah...

Jam 7 kurang, jenazah udah siap dibawa pulang tapi mesti lewat proses diantar kekamar jenazah dulu sebelum dinaikkan ke ambulance..gua sama suami ikut mengiringi...dalam perjalanan melewati lorong-lorong RS menuju kamar mayat...gua jalan berdampingan dengan sang ibu...Isakan sang ibu mulai terdengar saat jenazah sianak dibawa dalam keranda...gua yang berada disampingnya ikut terbawa sedih lagiii..sang Ibu beberapa kali bilang seakan belum siap anaknya pergiii..Ya Allah..gua berusaha menghibur..minta si bu untuk ikhlas..walopun berat....Air mata gua juga ngga' bisa ditahan...tapi gua berusaha supaya si Ibu ngga' lihat kegua...ntar tambah sedih dia..Nyampe deket kamar jenazah, kakek nenek si jenazah baru juga datang dari Semarang...dan belum tau kalo sang cucu sudah tiada....Begitu diberitahu tangisan sang Ibu dan nenek semarang pecah lagi di parkiran depan kamar mayat...Gua menyingkir..ngga' kuat gua..

Akhirnya prosesi dan surat2 selesai juga dan jenazah dibawa ke rumah mereka...Kita pisah.gua sama suami pulang..ngga' mungkin bisa ikut juga...ingat anak dirumah dan lagian sudah jam 8 malam.
Sampai rumah jam 9-an...ketemu anakku yang belum mau bobo...nungguin mak bapaknya...kita langsung mandi...Abisss mandi dan mau bobo.ngga' henti-hentinya gua nyium Daffa sampe dia bilang gini."Bu udah dong nyiumnya udahlah..jangan banyak-banyak!!.he..hee..

8 comments:

Mamae Yusuf said...

"Bu udah dong nyiumnya udahlah..jangan banyak-banyak!!..hiks..ikut ...terharu ..jadi inget anak.. untung yusuf belum bisa protes ya kalo lagi ku incipi

Nunik 'n Family said...

bacanya sambil berkaca2 nih...
(malu ketahuan di kantor kok malah nangis)

Ocha said...

Yuli..iyah sudah mulai protes kalo dicium-cium mulu tuh Daffa..

Nunik.emang sedih banget malam itu...aku ingat anak dirumah terusss...coba kita yang mengalami...belum tentu kita kuat ya...

mama icel said...

kayaknya kita nyambung terus nih,2 hari yll,kakakku sms depan rumah ortu kami di jw sana anaknya kls 1 SMP meninggal krn kanker tulang..aku knl baik ortunya kasian bgt pdhl anaknya pinter..

Eucalyptus said...

Aduh, emang klo kaya gitu pasti langsung keinget anak2 kita ya... huhu, sedih banget ngebayanginnya

Ocha said...

mama Icelll..aduh sedih ya Buu...kok samaan yah..

Mbak Evie...iya Mbak..aku pengen peluk-peluk anakku teruss...selalu ingat jenazah ponakan kemaren...

Mama Anne dan Ghani said...

Iya nih , jadi terharu . Gak kebayang perasaan momnya ya....

Anne sih seneng kalo di peluk peluk or di cium cium ama aku., Ghani juga ikut ikutan seneng aku peluk or cium.
paling kalo mau di cium papanya aja uber uberan dulu soalnya takut ama brewoknya he..he

maya said...

sedih nya :((