Tuesday, January 15, 2008

Extra sabar.....

"Dibutuhkan kesabaran tak terhingga dan kasih sayang tak terhingga buat menjadi seorang Ibu"...itu kesimpulan gua setelah kemaren seharian dirumah dengan anak balita gua. Memang dia lagi lincah-lincahnya...ngga' bisa diem, senang bermain dan mau tau segala rupa yang dikerjakan oleh orang dewasa...Kalo biasanya weekend gua berbagi tugas dengan suami gua dalam hal pengasuhan dan bermain, kemaren berhubung gua dirumah seharian dan suami gua masuk kerja jadinya gua ngadepin sendiri anak gua...

Entah berapa kali gua melotot dan memperingati anak gua kalo dia melakukan hal-hal yang bahaya atau 'crunky' abizzz....Mulai dengan bangun tidur pagi yang ngga' mau keluar kamar sambil nonton TV atau DVD-nya dan ngga' boleh matiin AC...padahal udah mau jam 8 pagi..Bujuk-bujuk akhirnya mau juga keluar kamar setelah si mbak bawa sapu dan perlengkapan perangnya mo beresin kamar gua...Sampe ruang TV maksa mindahin channel TV yang lagi gua tonton..( pssttt maknya lagi nonton inpotenmen tuh...)...Ngga' lama minta main sepeda di jalan depan rumah tanpa mau mandi atau minum susu duluan...

Bujuk lagi...akhirnya mau mandi dengan syarat abis mandi main sepeda....sikat gigi sendiri...ngga' mau dibantu....sambil kran di wastafel harus nyala teruss selama dia sikat gigi...Selesai mandi sama mbak-nya main sepeda ke taman..Gua bisa mandi nih..okeh time for me ...

Kelar main sepeda lanjott masuk kamar, nonton DVD lagii...minta dinyalain AC karena uda keringatan..gua ngga' bolehin..wong masih pagi...mulailah doi mewek-mewek tanpa air mata...ketauan mewek manja doang biar dikabulkan keinginannya..Sarapan juga maunya di kamar...duh..gua mulai melotot dah secara dia main di tempat tidur mulu...Minta digendong sambil keliling rumah...beratt boo'

Cape nonton di kamar...keluar....box mainan ditumpahin...segala rupa mainan dikeluarkan...berserakanlah semua...mulai dari cat air, crayon, spidol..buku-buku.bola..mobil-mobilan dll...Seketika rumah kayak ' kapal pecah' .Satu persatu mobil-mobilannya yang segambreng mo dicuci katanya...dibawalah ke wastafel...byurrr dicucilah itu mobil-mobilan...alamak basah semua deh tuh...Ngga' lama minta paku ama kayu...katanya kemaren diajarin bapak-e maku di kayu...whatss...bahaya lho nak...kamu baru 3,2 tahun..Tapi ngotot dan lari ke belakang karena dia tau dimana bapak-e nyimpan tools tsb...berhasil doi..bawa bawa palu ama paku..duh gua melotot abisss. gagal maku karena keras cari lagi mainan lain

Akhirnya minta busa...mau bikin kapal-kapalan abis tuh kapalnya mau di taro diember berisi air. Gua penuhin deh...ambil baskom isi air...main deh di lantai..kucek-kucek lagi...basah lagiii....bosen ama busa-nya ambil tempat tissue di meja, satu persatu tissue nyemplung di air dan jadi bubur...makin asyik aja doi, karena gua bebasin..bubur tissue mulai ditempelin di lantai, koran dan majalah...bajunya udah basah dan putih-putih...tanganya udah putih dan pucat..gua ambil jam suruh dia berjanji sampai jam berapa dia puas dan berenti mainnya..ok deal...gua kabulin dah...Gua lanjutt nonton TV.dia marah, minta ganti ke channel spacetoon....Gua baca majalah aja deh batin gua..eh doi juga protes...gua diajak ikut main bubur tisssue..

Selesai main bubur tissue...ganti baju cuci-cuci..lanjut ke kompi..minta dinyalain kompi dan ngajarin mbak-nya cara nyalain kompi...duhh gawaat nih pikir gua...main kompi sampe puas sambil disuapin makan siang....Bosen ama mainannya minta lihat i-net...mo liat temennya di i-net katanya..ok deh...Udah bosen, sekarang giliran gua mo i-net...eh dia ngga' ngebolehin...gua dipanjat-panjatlah...ditarik lah...akhirnya gua suruh main bowling ama mbak-nya...sebentar dah bosen....minta main bola diluar...duh panas terik gini. Akhirnya main bola dirumah...duh gua kena bola dah..melayang-layanglah bola dirumah..

Selanjutnya gua ajak bobo siang...ok karena udah kepanasan dan kenyang doi mau dong ber AC dikamar...nyalain TV lagi di kamar...ngga' lama ngambil setumpuk mobil-mobilan...sampe penuh tuh kasur...lha gua bobo dimana kalo kasur isinya mobil-mobilan...main deh doi sambil TV tetep nyala...bosen ama mobil-mobilnya...mulai manjat-manjat dan loncat-loncat di kasur...mantap boo'..berapa kali gua ditindih dengan bb-nya yang udah 21 kg itu...Ngga' mau bobo juga...padahal maknya dah teler....Dia liat diatas lemari ada tripod bapak-e...minta diambilin...ngga' deng minta dia dibopong dan mau ambil sendiri...mana kuat gua...Akhirnya gua ambilin...tetep ribut katanya pengen lihat apa aja yang ada diatas lemari...gua diemin...

Lama-kelamaan gua tinggal bobo aja..ngga' lama gua liat dia udah bobo....bangun sore mulai lagi minta main sepeda diluar...untung gerimis...akhirnya main sepeda dirumah...semua ditabrak-tabrakin...sape dia ngakak'ngakak kalo berhasil nabrak...duh ngeri juga gua..Otomatis beberapa kali gua melotot...Bosen naik sepeda...narik kursi makan dan manjat ke lemari es...mo cari makanan katanya...dapet pacetea, ambil gelas buat bikin pacetea..ngeri juga lihat dia ngucurin air dari dispenser panas...takut kalo dia berasa panas serta merta tuh gelas dibanting...kan dia ngga' mau dibantu...untungnya aman...dan sampai malam mau bobo ngga' bisa diem tuh anak gua...

Memang haru extra sabar yah jadi mak...gua salut deh ama mak-mak yang anak balita-nya lebih dari satu..dan tiap hari harus ngadepin beginian...Apa gua yang berlebihan yah..karena waktu gua sama anakkan ngga' banyak...emang itu udah sewajarnya buat anak seumur anak gua kali yah...

Hari ini dia diboyong lagi ama ortu gua ke Bogor...rumah ortu gua. Tadi pagi bangun tidur kata mbak-nya dia nangis nyariin gua...kasihan memang...kalo ditanya dia maunya gua dirumah aja ama dia...gua ngga' boleh kerja...insya allah suatu saat ya nak...Mungkin dia capek juga kali yah...tiap minggu berpindah-pindah rumah mulu...boyong sana boyong sini...sabar ya sayangg..

No comments: